Smart City Barcelona

Smart City Barcelona – Kota pintar telah membuka jalan menuju metode baru dalam pengelolaan perkotaan, memanfaatkan potensi Internet of Things (IoT) dengan menggunakan teknologi informasi di seluruh aspek kota.

 

Smart City Barcelona

Smart City Barcelona

barcelonaladiesopen – Misalnya penerapan teknologi responsif pada seluruh sistem kota seperti angkutan umum, penerangan jalan, parkir, dan pengelolaan sampah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menerapkan keberlanjutan di kota. Saat ini, banyak kota di berbagai negara di dunia telah mengembangkan proyek kota pintar, hanya sedikit yang menunjukkan keberhasilan dalam pengembangannya. Di Barcelona, ​​selama empat tahun pengembangan smart city, Barcelona berhasil menerapkan konsep smart city dan menjadikan Barcelona sebagai salah satu smart city terbaik di dunia dengan 4.444 performance city. Ke-122 proyek tersebut diklasifikasikan ke dalam 22 program kota pintar yang mencakup seluruh aspek pengelolaan kota, mulai dari ruang publik dan mobilitas hingga tata kelola terbuka. Ini merupakan pencapaian yang menarik bagi kota terbesar kedua di Spanyol ini, karena pada tahun 2008 kota ini dilanda krisis keuangan global dan Resesi Hebat Spanyol.

Spanyol berada dalam resesi terburuk pada saat itu setelah gagal memberikan dana talangan (bailout) pada sektor keuangannya dan harus menawarkan dan#039;bailout#039; 100 miliar euro dari Uni Eropa. Krisis keuangan bukanlah hambatan besar bagi program Kota Cerdas Barcelona, ​​​​karena pemerintah telah memiliki persyaratan dasar untuk menciptakan lingkungan start-up yang sukses. Dengan banyaknya uang yang dihasilkan setelah Olimpiade Musim Panas Barcelona pada tahun 1992, pemerintah merenovasi salah satu kawasan industri dan mengubahnya menjadi zona teknologi dan inovasi yang dikenal sebagai 22@Barcelona. Pusat teknologi ini adalah rumah bagi perusahaan teknologi lokal inovatif yang terlibat dalam pengembangan proyek kota pintar Barcelona. Barcelona juga memiliki lebih dari 310 kilometer persegi kabel serat optik di seluruh kota, sejak jaringan tersebut menghubungkan dua bangunan kota lebih dari 30 tahun yang lalu. Dua hal yang sudah ada ini memudahkan terciptanya pemerintahan di Smart City Barcelona. Fiber yang ada saja dapat mengurangi biaya program kota pintar secara besar-besaran, dari €300 juta menjadi hanya €30 juta

Investasi pada proyek kota pintar besar di Barcelona dimulai pada tahun 2011 ketika raksasa teknologi dan jaringan Cisco mengalami masalah dalam salah satu proyeknya. penyedia layanan teknologi di Barcelona. Cisco telah menginvestasikan $30 juta di pusat baru yang berfokus pada sistem Internet of Everything (IoE) perkotaan. Dulu, kabel optik bawah tanah di kota Barcelona belum dimanfaatkan secara maksimal. Cellnex Telecom, sebuah perusahaan komunikasi nirkabel, kemudian memenangkan tawaran untuk menggabungkan layanan tersebut ke dalam satu sistem, yang sejak itu mengelola jaringan seluruh kota. Kedua perusahaan tersebut kini menjadi penyedia teknologi utama untuk program Smart City Barcelona.

Barcelona Smart City Tujuan

Barcelona Smart City bertujuan untuk menghubungkan elemen masyarakat, informasi, dan kota menggunakan teknologi baru untuk menciptakan kota berkelanjutan dengan iklim bisnis yang inovatif dan kompetitif. sebagai kualitas hidup yang lebih baik dengan penatalaksanaan yang efektif dan sistem perawatan yang baik (Bakici, 2012). Smart City Barcelona juga bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta untuk menciptakan masyarakat yang terinformasi. Selain itu, model kota pintar Barcelona bertujuan untuk meningkatkan daya saing kota dengan mendorong inovasi, menciptakan saluran komunikasi baru, memfasilitasi akses informasi dan layanan publik yang lebih efisien.

Strategi Barcelona dalam proyek kota pintar

Barcelona berhasil mengembangkan proyek kota pintar yang besar berkat keberhasilan penerapan strategi pengembangannya. Menurut Julia Lopez, koordinator Tim Strategi Kota Cerdas Barcelona, ​​strategi yang diterapkan adalah:

Pembentukan Tim Strategi Kota Cerdas yang bertugas mengelola proyek penting Kota Cerdas Barcelona, mempromosikan dan mengoordinasikan pengembangan Kota Cerdas Barcelona . Strategi. Aplikasi Smart City di seluruh organisasi dan unit kota dengan beberapa Petugas Pemilihan.

 

Baca juga : Aplikasi AI Terbaik

 

· Meningkatkan transparansi pemerintahan

Komponen ini adalah salah satu komponen terpenting bagi keberhasilan proyek kota pintar . Dalam konteks krisis ekonomi, transparansi membantu pejabat publik berkomunikasi dengan publik dan menjelaskan pengembangan aplikasi pintar. Transparansi penting karena meningkatkan dukungan masyarakat terhadap pemerintah dalam menangani permasalahan sensitif publik dan merumuskan solusinya.

· Kemauan politik

Kemauan politik dari atas ke bawah untuk mengoperasikan kota pintar juga sangat penting. Kemauan politik yang kuat dari Walikota Kota dan Tim Strategi Kota Cerdas dapat mengarah pada koordinasi antar berbagai departemen di Kota , yang pada masa lalu bersifat panjang dan birokratis. Kemauan politik yang kuat dari ini juga berhasil mengubah lima departemen berbeda yang memiliki jaringan masing-masing menjadi satu departemen TI, sehingga menciptakan efisiensi dan koordinasi yang lebih besar.

· Kerjasama dengan kelompok kepentingan utama lainnya

Perusahaan harus terlibat dalam proyek kota pintar lokal. Pasalnya, pengembangan smart city tidak bisa dilaksanakan jika hanya dilaksanakan oleh pemerintah. Kerangka kerja sama yang jelas dan terencana antara sektor publik dan swasta adalah penting. Strategi dasar yang disetujui oleh pemerintah Barcelona mencerminkan strategi kerjasama pembangunan publik-swasta (Leung dan Hui, 2005). Barcelona bekerja sama dengan raksasa teknologi besar untuk memperkuat infrastruktur berbasis TI di kota tersebut dengan berinvestasi dalam pengembangan sensor. Selain itu, lembaga pendidikan, khususnya universitas, yang menjadi konsultan pemerintah mengenai aspek-aspek utama pengembangan kota pintar, juga berpartisipasi dalam perencanaan dan implementasi proyek kota pintar.

Penggunaan data terbuka (Proyek Data Terbuka) Proyek Data Terbuka memperkuat komunikasi antara masyarakat dan pejabat pemerintah Barcelona, ​​​​karena proyek membawa transparansi pada semua pekerjaan pemerintah. ini juga memungkinkan masyarakat mengakses data yang dikumpulkan pemerintah secara real-time dan mengetahui pencapaian apa saja yang telah dicapai pemerintah. Strategi ini juga penting untuk mengkomunikasikan proyek dan inisiatif kota pintar kepada masyarakat dan dapat menjadi edukasi dan keterlibatan masyarakat dalam kota pintar.

 

Baca juga : Mengenal MGIE Alat AI Baru Apple

 

Fitur Barcelona Smart City

Barcelona dikenal sebagai kota asal klub sepak bola utama FC Barcelona. Namun sedikit yang mengetahui bahwa Barcelona juga mempunyai reputasi sebagai kota terpintar di dunia pada tahun 2015, disusul New York, London, Nice, dan Singapura.

Barcelona telah mendirikan Kantor Manajemen Pribadi Kota Cerdas, yang bertugas mengoordinasikan semua proyek di bawah kota pintar kode perkotaan. Ini menunjukkan transisi dari pekerjaan individu ke pekerjaan yang bersifat transversadan. Kegiatan yang dikembangkan dalam Strategi Kota Cerdas Barcelona didasarkan pada tiga pilar: promosi internasional, kerjasama internasional dan proyek lokal. Barcelona telah mengembangkan beberapa proyek kota pintar yang luar biasa, mulai dari transportasi hingga pendidikan.

1. Apps4BCN

Proyek kota pintar pertama di Barcelona adalah portal Apps4BCN. ini adalah aplikasi yang menyediakan portal pertemuan virtual bagi orang-orang yang ingin meningkatkan pengalaman kotanya. Portal ini telah menciptakan jaringan pakar dari 4.444 bidang berbeda, mulai dari olahraga, seni dan budaya hingga pakar bisnis dan keuangan. Program ini sendiri memberi orang-orang Barcelona di saku mereka, pengalaman virtual untuk menikmati Barcelona 365 hari setahun dan juga membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

2. Transportasi Cerdas

Proyek berikut dikembangkan untuk mendukung program transportasi berkelanjutan di Balai Kota Barcelona. Sebagai salah satu kota pintar utama di dunia, Barcelona ingin menunjukkan komitmennya dalam memelopori penggunaan energi terbarukan, salah satunya di bidang transportasi. Komitmen ini diwujudkan melalui penerapan kendaraan listrik untuk meminimalkan dampak lingkungan dari angkutan umum dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan udara dan air yang bersih dan berkualitas tinggi serta sinar matahari yang cukup. Pemerintah kota Barcelona berencana mengubah alat transportasi dari kendaraan tradisional menjadi kendaraan listrik dengan efisiensi energi yang baik dan polusi yang lebih sedikit.

Related Posts